Kisah Umar bin Khattab

AMAL PENYELAMAT SIKSA

Saat menjabat sebagai Khalifah, Umar bin Khaththab ra sering menyamar sebagai rakyat biasa dan menyelidiki lorong-lorong kota. Pada suatu hari, ia melihar segerombolan anak kecil yang sedang bermain dengan teman-temannya. Ternyata, mereka menggenggam seekor burung pipit yang telah diikat dan dijadikan sebagai bahan permainan hingga burung tersebut tampak sangat memperhatinkan.
Melihat kejadian itu, ia merasa kasihan pada burung itu. Karenanya, burung itu pun dibeli dari mereka, lalu di lepaskan oleh Khalifah.
Ketika Umar bin Khaththab ra meninggal dunia, sejumlah ulama di kota itu bermimpi bertemu dengannya. Dalam mimpinya itu, mereka bertanya kepada Umar mengenai amal perbuatannya selama hidup di dunia.
Mereka bertanya; Apa yang diperbuat oleh Allah kepadamu wahai Amirul Mukminin?
Umar menjawab; Allah Swt telah mengampuniku dan membalas amal perbuatanku.”
Mereka bertanya kembali, Amal apakah yang telah Amirul Mukminin lakukan sewaktu hidup yang menyebabkan Allah Swt mengampunimu. Apakah karena kezuhudan (hidup sederhana) ataukah kedermawananmu?
Umar menjawab; ”Ketika kalian meletakkan jasadku ke dalam kubur, menimbunnya dengan tanah, lalu meninggalkanku seorang diri. Tiba-tiba saja datang dua malaikat Raqib dan Atif yang sangat menyeramkan. Seluruh persendianku bergetar hebat karena ketakutan. Keduanya lalu memegang dan mendudukkanku serta mengajukan pertanyaan?
Tiba-tiba aku mendengar suara yang tak terlihat. Suara itu berseru, ”Tinggalkanlah oleh kalian hamba-Ku itu, dan janganlah kalian berbuat sesuatu yang membuatnya takut. Sungguh, Aku menyayanginya dan telah membalas amal perbuatannya karena ia telah menyayangi seekor burung pipit pada waktu hidup di dunia. Dan sebagai balasannya, Aku menyayanginya di akhirat.”

Sumber; Syarah al-Mawa’izh al-Ushfuriyyah Karya Syaikh Muhammad bin Abu Bakar al-Ushfuri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: