Tragedi Raja Midas

TRAGEDI RAJA MIDAS

Dahulu di zaman Yunani Kuno, bertahtahlah seorang raja bernama Midas di suatu wilayah pedalaman Anatolia, Asia Kecil. Oleh rakyatnya Raja Midas dikenal sebagai penguasa yang rakus selalu berusaha menumpuk kekayaan untuk diri dan keluarganya sehingga Raja Midas tidak rela kalau ada orang lain yang kekayaannya melebihi dirinya. Sedemikian serakahnya Raja Midas sehingga suatu hari ia datang ke Dionsysus, salah satu Dewa Yunani yang teramat sakti, untuk minta petunjuk dan minta agar ia memiliki tangan ajaib sehingga setiap barang yang disentuh berubah menjadi emas.

Demikianlah, atas bantuan Dewa Dionsysus Raja Midas memiliki tangan ajaib. Maka berangkatlah ia ke taman. Satu demi satu pepohonan dan pagar-pagarnya di sentuh sehingga secara ajaib semuanya berubah menjadi emas. Menyaksikan kesaktian tangannya, Midas pun lalu berjalan menuju sungai di sebelah istananya. Tak lama kemudian air sungai itu berubah menjadi bongkahan emas setelah disentuh oleh tangan Raja Midas. Rupanya Midas semakin bersemangat dan keserakahannya malah menjadi-jadi. Maka bergegaslah Midas pulang ke istana. Sudut-sudut bangunan istana yang besar itu dipeluk dan dirabanya dengan penuh gairah, sejak dari pagar, tiang, pintu, meja, kursi dan segala peralatan istana.

Setelah puas melihat istana emasnya itu, kini Midas terasa lapar dan haus. Maka duduklah ia untuk makan siang. Tetapi, apa yang terjadi? Ia baru sadar sekarang bahwa tangan ajaibnya itu ternyata mendatangkan bencana baginya. Raja Midas tidak lagi bisa makan dan minum karena semua yang disentuhnya membeku menjadi emas. Bahkan ketika dia – saking paniknya memeluk istri dan anak-anaknya, semua membeku juga menjadi emas. Raja Midas akhirnya menjadi gila. Tak seorang pun mau mendekati dia karena takut kalau terkena sentuhan tangan ajaibnya yang merupakan sumber tragedi itu.

Sumber, Tragedi Raja Midas, Karya Komaruddin Hidayat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: