Realitas kaum bawah

Kemarin ketika dalam perjalanan pulang Jawa-Sumatera, Bus yang kutumpangi singgah sebentar di Rumah Makan khas Sunda di daerah Indramayu. Sebelumnya aku sering mendengar bahwa Indramayu terkenal dengan julukan Rumah Makan Plus-Plus. Tapi aku tidak terlalu memikirkannya, sampai ketika kami singgah disana. Aku heran mengapa sopir yang mengemudikan mobil kami tersebut tidak keluar-keluar dari Rumah Makan. Padahal jam istirahat sudah melebihi waktu normal (30 Menit). Seorang penumpang bercanda; “Ah…biasa nyetor”. Semua orang tertawa, ketika sang sopir datang, penumpang tersebut kembali melontarkan canda ria; “Wis adus durung”. Semua orang kembali tertawa. Aku cuma tersenyum, sambil membayangkan realita komunitas bawah. Menggelikan, memprihatinkan, sekaligus indah.
Sebuah rengkuhan panjang malam itu/Keluar dari bilik kamar bordir/Seperti lolongan anjing/Panjang dan menakutkan
Tarian ranjang/Kembali diperagakan pelacur-pelacur malam/Hangat tubuh dari pegangan kekuatan syetan/Gesekan pelan serta makian malaikat mengikuti irama
Bergoyang menari menaiki kuda jantan
Orgasmekah kau cari hai gadis ranjang/Atau uang pembeli kekuasaan ?
Aku tak tahu/Aku hanya tahu kau dicaci oleh dogma agama/Dimaki oleh tatanan baku status quo/Dibenci kaum normatif dan konservatif/Mereka sok sucikah ?/Mungkin
Namun aku bangga padamu/Kau selalu dipuji oleh kuda jantan/Merayumu di atas ranjang/Merengek meminta/Bertekuk lutut saat puncak kenikmatan menghantui mereka
Gadis tarian ranjang/Terus laksanakan atraksi tarian ranjang/Aku ingin melihatmu/Tanpa tawa/Tangis da serawut wajah sendu/Hanya rengkuhan panjang seperti malam itu/Keluar dari mulut manismu

Leave a Reply

