Adil

Adil
Itulah empat huruf sederhana yang muda dibaca, ditulis, dan diingat, namun sangat sulit untuk dilaksanakan.
Itulah empat huruf yang sering diimpikan rakyat, banyak dijanjikan pejabat, tapi tak pernah jadi kenyataan.
Adil – sebuah kata yang sering diklaim oleh banyak tokoh telah dijalankan – namun kenyataannya bohong belaka. Ada yang berani memiliki empat istri, karena mereka menyangka sudah berbuat adil pada semua. Apakah mungkin seorang pria bisa punya gairah yang sama terhadap istri tua yang peot dan istri muda yang ranum?
Kita adalah manusia, bukan robot, maka secara alamiah kita mempunyai preferensi. Lagi pula apa alasannya dia menikah lagi, kalau bukan karena preferensi terhadap kemolekan istri mudanya?
Lalu apa sebenarnya adil itu? Kalau melihat dari dua kutub ideologi – komunisme dan kapitalisme – maka akan terlihat dua defenisi mendasar tentang adil. Menurut kaum komunis, adalah hak yang sama bagi smeua umat manusia. Sama rata sama rasa. Sedangkan menurut kaum kapitalis, adil adalah proporsi – harta bagi yang kaya, ilmu buat yang pandai, dan tahta untuk penguasa.
Adil yang ada di kepala seorang anak tiri – adalah tuntutan kepada ibu tiri – agar ia diperlakukan sama sebagaimana ibu tiri tersebut menyayangi anak kandungnya. Ketika keadilan tidak didapatnya, maka anak tersebut hanya bisa meratap ‘ibu tiri hanya cinta kepada anak kandungnya saja’
Apabila kita mau tahu konsep adil menurut versi Tuhan, maka kita perlu mengamati kehidupan sehari-hari. Di dunia ciptaan tuhan ini, orang diberi karuania yang berbeda-beda; ada yang kaya, banyak yang miskin, ada yang pandai, banyak yang bodoh, ada yang cantik, banyak yang buruk rupa, ada yang bertahta, sebagian besar menghamba. Berkah yang berbeda-beda menunjukkan bahwa Tuhan itu bukan komunis – ini berita baik bagi bangsa Indonesia – karena bearti Dia bukan bahaya laten.
Namun berita buruknya – kalau kita mau jujur – keadilan Tuhan itu tidak mempunyai perbedaan dengan keadilan yang ditawarkan oleh ibu tiri.

Disadur dari buku Tuhan Tiri karya Aris Wahyudi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: