Makna Ulang Tahun

Apa itu ulang tahun? Seberapa besar manfaat dapat kita petik dari ritual tahunan tersebut dan paradigma berfikir apa yang dibangun oleh setiap orang setiap bertemu kata ulang tahun. Menurut Aris Wahyudi Bagi Sikaya, ultah harus selalu dirayakan, karena inilah saat yang tepat untuk unjuk kekuasaan, ketenaran, kesombongan, kemunafikan, keborjuisan, kekapitalisan, maka tidak jarang diterbitkan buku outobiografi untuk pamerkan untaian kesuksesan di masa lalu. Kedepan mereka bertanya apalagi yang akan kubeli, kurebut, kukuasai, kutelanjangi?.
Bagi Simiskin, ultah selalu dilupakan karena hanya ada kesedihan dalam riwayat hidupnya dan kedepanpun hanya bayangan kematian yang mereka punya. Dalam menghadapi kematianpun hanya ada satu hal yang mereka khawatirkan, apakah di akherat kelak, mereka akan terlahir sebagai orang miskin kembali?.
Ohya aku sampai lupa hari ini saudaraku ulang tahun. Besar harapanku agar dia dapat mencerna bait-bait ucapanku di atas sebab bukan hayalan senja kala mentari siap meninggalkan perpaduan. Sebuah pesan kecil semoga tetap lurus dalam melangkah.
Waktu demi waktu berlalu /Sempailah pada persimpangan /Kau terpaksa memilih /Harus menangis atau tertawa
Sejarah mengatakan umurmu bertambah /Tapi kitab suci berkotbah usiamu kian senja
Kurasa semua benar / Karena kebenaran bukan monopoli /Engkau, aku dan mereka
Kita hanya subyek dalam realitas dunia fana /Jangan tertawa
Engkau bukan superman / Hingga dapat kehendak untuk berkuasa seperti Tuhan
Sahabat renungkanlah/ Setiap detik, menit dan jam perubahanmu
Disana ada cahaya yang siap menghukummu.

Leave a comment